Blog

Tulisan dari SINDIKASI dan rekanan tentang berbagai isu yang dibahas secara hangat, mendalam, dan menginspirasi untuk perubahan.

Terlalu Lama Laki-laki Diam Soal Pelecehan Seksual di Dunia Kerja

Laki-laki seringkali terganggu jika mendengar semua pelaku pelecehan dan kekerasan seksual di dunia kerja adalah laki-laki. Tapi, masih ingatkah kapan terakhir kali kamu bersuara, menegur, melaporkan dan membantu korban saat menjadi saksi dari pelecehan dan kekerasan seksual di dunia kerja? Masih ingat bagaimana kita bersikap saat pelaku pelecehan seksual itu adalah teman laki-laki kita? Barangkali, diamnya kita sebagai saksi, membuat pelaku menganggap normal tindakan yang mereka lakukan. 

Pandemi dan Kekerasan terhadap Jurnalis Perempuan

Jurnalis perempuan mendapat tekanan lebih besar saat menjalankan kerja jurnalistik selama pandemi Coronavirus Disease-19. Kebebasan pers berada di bawah ancaman yang lebih besar.

Kesetaraan dalam Pekerjaan bagi Perempuan dan Kelompok Minoritas

Indonesia berada dalam kondisi darurat kekerasan seksual terhadap perempuan. Selain norma gender dan label terhadap perempuan, situasi kompleks pun ikut meningkatkan kerentanan perempuan terkait eskalasi krisis multi-dimensi seperti konflik, bencana, pencemaran lingkungan, pengkambinghitaman minoritas gender dan seksual, dan lain-lain.

Pengakuan Adanya Kekerasan Di Dunia Kerja: Kemenangan Feminis Marxis-Sosialis

Oleh: Luviana, Pemimpin Redaksi Konde.co dan Anggota Serikat Sindikasi dan Nur Aini, Jurnalis dan Ketua Serikat Sindikasi. Pengakuan istilah “dunia kerja” merujuk pada ruang lingkup kekerasan yang dialami pekerja terutama pekerja perempuan dan pekerja dari kelompok rentan mengonfirmasi gagasan feminisme Marxis-Sosialis mengenai konsep eksploitasi kerja atau opresi perempuan pekerja yang tidak hanya terjadi pada proses

Apakah Industri Media dan Kreatif Sudah Inklusif bagi Pekerja Disabilitas?

Oleh Citra Maudy Untuk memahami dunia kerja penyandang disabilitas dalam industri media dan kreatif, penting mengetahui gambaran keseluruhan yang dihadapi para penyandang disabilitas. Penyandang disabilitas mengalami banyak hambatan dan tantangan di berbagai sektor, termasuk yang paling besar adalah perekonomian. Berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) tahun 2019, sekitar 9 persen (atau 23,3 juta individu)

Tujuh Langkah Mengakhiri Kekerasan Seksual di Tempat Kerjamu

Kamu mungkin sudah muak dengan maraknya kekerasan seksual di tempat kerjamu. Atau, bisa jadi sejauh ini tak ada masalah di kantormu, tapi kamu percaya ini saatnya ada aturan tegas soal kekerasan seksual. Bagus! Tapi, bagaimana kamu bisa memicu perubahan agar tak ada lagi tempat untuk kekerasan seksual di dunia kerjamu? Tujuh langkah ini bisa membantumu

SERIKAT PEKERJA MEDIA DAN INDUSTRI KREATIF UNTUK DEMOKRASI.

Samali Ujung No. 20 B, RT.4/RW.9 Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan